Base Converter – Aplikasi Untuk Konversi Bilangan Biner, Decimal, Oktal dan Hexadecimal

Base Converter – Aplikasi Untuk Konversi Bilangan Biner, Decimal, Oktal dan Hexadecimal

Anak-anak komputer pasti sudah sangat paham dengan berbagai angka yang saya sebutkan di judul artikel ini. Ya, di dunia komputer kita mengenal banyak sekali macam bilangan, ada desimal, biner, oktal dan heksadesimal. Setiap bilangan dapat diubah menjadi bilangan lain, misalnya dari biner kita dapat mengubahnya menjadi oktal atau desimal atau heksadesimal, begitu pula sebaliknya.

Definisi Biner, Desimal, Oktal dan Heksadesimal

Setiap angka memiliki karakteristik yang berbeda. Lantas, apa bedanya keempat angka ini? oke teruslah membaca.

Bilangan Biner disebut juga bilangan basis 2 yang artinya hanya menggunakan 2 bilangan untuk merepresentasikan suatu nilai yaitu bilangan 0 dan 1. Contoh: 10, dalam biner kita tidak bisa mengatakan bahwa bilangan tersebut bernilai sepuluh, tetapi bilangan tersebut bernilai 2.

Cara menghitungnya adalah: (1x2 ^ 1) + (x2 ^ 0) = 2

Nomor Oktal yaitu bilangan basis 8 yang artinya menggunakan 8 bilangan untuk mewakili suatu nilai yaitu bilangan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7. Cara menghitung bilangan oktal sama dengan menghitung bilangan biner hanya saja penggandanya diubah menjadi 8 bukan 2 karena bilangan pokok oktal adalah 8.

Angka desimal yang merupakan bilangan basis 10, yang berarti menggunakan 10 bilangan untuk mewakili sebuah nilai. Nah angka desimal ini menjadi angka yang sering kita jumpai sehari-hari. Nomor yang digunakan oleh nomor ini adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.

Bilangan Heksadesimal bisa juga disebut bilangan hex, yaitu bilangan basis 16 yang menggunakan simbol (huruf dan angka) untuk mewakili suatu nilai. Simbol yang digunakan adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F.

Aplikasi Untuk Menghitung Konversi Bilangan Biner, Desimal, Oktal dan Heksadesimal

Dalam praktiknya, menghitung nilai konversi dari satu angka ke angka lainnya cukup memakan waktu. Jika kita butuh cepat kita bisa menggunakan aplikasi Konverter Basis untuk menghitung konversi angka-angka ini.

Baca:  Tutorial Java Part 8 : Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java

Penggunaan aplikasi ini tidak disarankan bagi siswa yang masih memahami konsep menghitung konversi bilangan biner, desimal, oktal dan heksadesimal.

Dalam aplikasi ini Anda dapat menghitung konversi bilangan dari biner ke desimal, oktal dan heksadesimla, atau sebaliknya. Anda bisa menentukan bilangan yang anda masukan apakah itu bilangan biner, oktal atau lainnya, dan nantinya akan muncul hasil konversinya.

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Unduh aplikasinya di Play Store.

Konverter Basis pos – Aplikasi untuk Mengonversi Bilangan Biner, Desimal, Oktal, dan Heksadesimal muncul pertama kali di Komputer Cerdas.