ColorOS 11 for Gaming Bikin Game Berjalan Lancar dan Mulus di Reno5 F, Yuk Simak Fitur-Fiturnya!

Gadgetren

OPPO Reno5 F ColorOS 11 untuk Gaming

Gadgtren – OPPO Reno5 F resmi menjadi salah satu ponsel kelas menengah andalan OPPO di Indonesia yang memiliki performa bertenaga untuk menjalankan game dengan lancar.

Terlepas dari kombinasi chipset MediaTek Helio P95 (12nm) Octa-Core dan RAM 8GB, kehadiran ColorOS 11 untuk Gaming menjadi salah satu faktor penting yang membuat Reno5 F mampu membuat game berjalan dengan lancar dan lancar.

Menariknya, ColorOS 11 for Gaming memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung aktivitas gaming seperti Hyper Boost 3.0, Game Space, Gaming Shortcut Mode, Game Focus Mode, Game Floating Windows, dan Bullet Screen Message.

Hyper Boost 3.0 dan Game Space

Hyper Boost 3.0 merupakan salah satu fitur gaming andalan di ColorOS 11 karena dapat meningkatkan performa saat game sedang berjalan. Di Hyper Boost 3.0, ada fitur TouchBoost dan FrameBoost.

Fitur TouchBoost memungkinkan layar menjadi lebih responsif terhadap sentuhan jari sedangkan FrameBoost dapat mempelajari performa game yang sedang berjalan secara real-time sehingga frame rate tetap stabil.

Agar Hyper Boost 3.0 bisa aktif, semua aplikasi atau game harus ada di Game Space yang ditampilkan di homescreen OPPO Reno5 F. OPPO bahkan telah mengatur beberapa game untuk secara otomatis masuk ke folder Game Space setelah diinstal dari Google Play Store.

OPPO Reno5 F Game Space Mode

Namun, jika game yang diinstal tidak muncul di folder Game Space, tetap dapat dimasukkan secara manual. Nantinya Hyper Boost 3.0 akan aktif secara otomatis saat game di folder Game Space dijalankan.

Dalam Game Space, Anda juga dapat menentukan mode kinerja untuk bermain game yang terdiri dari mode Daya Rendah, mode Seimbang, dan mode Kompetisi.

Nanti kalau kamu aktifkan Mode daya rendah, sistem Reno5 F akan memanfaatkan level standar CPU, GPU, dan kinerja sinyal, tetapi konsumsi daya baterainya sangat rendah.

Mode keseimbangan menggunakan kinerja yang sedikit lebih tinggi daripada daya Rendah dengan konsumsi daya yang lebih besar. Meski begitu, mode ini akan membuat Reno5 F bertahan cukup lama untuk menjalankan game.

Sementara Mode kompetisi akan menggunakan CPU, GPU, dan sinyal pada level tinggi, namun akan berdampak pada konsumsi daya baterai yang lebih boros dibandingkan dua mode lainnya.

OPPO Reno5 F Hyper Boost 3 Aktif

Tentunya Anda bisa menentukan mode yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda dalam bermain game. Jika game yang Anda jalankan sudah masuk ke folder Game Space, akan muncul kotak dialog yang menampilkan informasi Kosongkan ruang, Batasi jaringan latar belakang, dan Jangan Ganggu saat menu splash screen terbuka, menandakan bahwa fitur Hyper Boost 3.0 aktif.

Selain itu, frame rate game akan terasa lebih stabil saat fitur ini aktif sehingga pertarungan di dalam game bisa berjalan mulus dengan lag yang minimal. Bahkan respon sentuhan pada game terasa cepat sehingga bisa dengan lancar mengarahkan karakter kamu, menembak, memukul, atau melakukan gerakan.

Mode Pintasan Game

Mode Pintasan Game OPPO Reno5 F ok

Hadirnya Gaming Shortcut Mode memungkinkan Reno5 F mampu mengurangi waktu buka game secara drastis dengan cara menyimpan virtual memory untuk game yang sering dimainkan.

Ini membuat game tetap berjalan di latar belakang, bahkan setelah keluar dari aplikasi. Sisi baiknya, sesi berikutnya akan secara otomatis melewati logo splash screen dan intro game, membuat game terbuka lebih cepat.

Saat fitur ini aktif, OPPO Reno5 F akan menyimpan tampilan game terakhir yang dijalankan pengguna sebelum menuju ke homescreen.

Nanti saat Anda masuk kembali ke game yang telah dijalankan tadi, maka akan disuguhkan tampilan permainan yang terakhir. Di beberapa game, Anda akan diperlihatkan gelembung mengambang yang memberi tahu Anda tentang status saat bermain.

Misal kamu sedang bermain Arena of Valor, namun karakter tersebut dalam kondisi mati sehingga harus menunggu proses respawn. Nantinya bubble yang muncul akan menampilkan icon Arena Valor dengan tulisan Respawning lengkap dengan sisa waktu karakter akan hidup kembali.

Arena of Valor dan Call of Duty: Mobile menjadi salah satu game yang mendukung fitur ini.

Mode Fokus Game

Mode Fokus Game OPPO Reno5 F

OPPO juga menghadirkan fitur Game Focus Mode pada Reno5 F yang memungkinkan Anda berkonsentrasi penuh bermain game tanpa harus takut terganggu oleh pesan atau panggilan yang tiba-tiba muncul. Fitur ini akan memblokir atau menonaktifkan semua gangguan seperti notifikasi pesan, panggilan masuk, gerakan navigasi, alarm, dan petunjuk volume di layar.

Baca:  Diskon Hingga Ratusan Ribu! WIKO Siap Sambut Festival Belanja 11.11

Dengan kata lain, Anda benar-benar dapat memainkan game dengan tenang bersama teman-teman tanpa gangguan pesan atau panggilan telepon dari orang lain. Anda harus mengaktifkan fitur ini saat permainan sedang berjalan.

OPPO Reno5 F Mode fokus permainan Aktif

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menggesek layar dari kiri ke kanan saat game berjalan untuk membuka kotak Game Settings dan menekan menu mode Game focus. Jika ini yang pertama kali, maka Anda akan dihadapkan pada halaman mengenai deskripsi fitur ini dan tekan tombol Try Now untuk menyetujuinya.

Saat fokus Game aktif, semua pesan atau panggilan telepon akan diblokir sepenuhnya sehingga dapat membuat Anda lebih fokus dalam bermain game. Sedangkan untuk mematikan fitur ini, yang harus Anda lakukan adalah menggesek layar dari kiri ke kanan dan menekan tombol Exit untuk keluar dari mode fokus Game.

Game Mengambang Windows

Game OPPO Reno5 F Mengambang Langsung

ColorOS 11.1 yang hadir pada Reno5 F sudah menyediakan fitur menarik lainnya yaitu Floating Windows Game. Fitur yang satu ini memungkinkan Anda memainkan dua game sekaligus dalam satu layar.

Sebenarnya tidak hanya game saja, kamu juga bisa menjalankan aplikasi seperti email, browser, youtube, dan masih banyak lagi. Namun fitur ini lebih ditujukan untuk digunakan saat bermain game.

OPPO Reno5 F Floating Windows

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Anda bisa membuka dua game atau aplikasi terlebih dahulu. Setelah keduanya terbuka, maka kamu bisa langsung menekan tombol Recent App sehingga kamu akan dihadapkan pada menu yang menampilkan aplikasi yang telah dijalankan.

Pilih menu Opsi dengan titik dua di kanan atas salah satu aplikasi yang dipilih dan tekan menu Jendela Mengambang. Ini secara otomatis akan menjadi kotak kecil yang mengambang di layar. Selanjutnya Anda bisa langsung memilih aplikasi atau game lain untuk dijalankan.

Nantinya kedua game tersebut akan langsung berjalan secara bersamaan di layar, dimana satu game akan melayang di bagian depan dengan ukuran yang kecil dan satu game akan melayang di bagian belakang dengan ukuran yang besar.

Dengan kata lain, Anda dapat memainkan dua game favorit Anda langsung di satu layar. Selain itu juga dapat menggabungkan aplikasi dan game agar berjalan secara bersamaan.

Pesan Layar Bullet

OPPO Reno5 F juga memiliki fitur Bullet Screen Message yang memungkinkan Anda tetap menerima pesan SMS, WhatsApp, Telegram, Line, atau Messenger berupa banner kecil tanpa mengganggu jalannya game.

Saat fitur Bullet Screen Message aktif, otomatis pesan yang masuk akan melayang berupa banner yang membentang dari kanan ke kiri layar saat sedang bermain game di OPPO Reno5 F. Pesan ini tidak menghalangi atau mengganggu sama sekali sehingga para pihak permainan masih bisa dimainkan. terkontrol dengan lancar.

Pesan Peluru OPPO Reno5 F Aktif

Bullet Screen Message aktif secara otomatis saat OPPO Reno5 F diaktifkan untuk pertama kalinya. Namun, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur sendiri di Pengaturan Game yang muncul saat game sedang berjalan.

Saat game sedang berjalan, yang harus Anda lakukan adalah menggesek layar dari kiri ke kanan untuk membuka kotak dialog Pengaturan Game. Selanjutnya, Anda akan melihat menu Pemberitahuan Peluru yang dapat ditekan untuk mematikan atau menyalakannya sesuai kebutuhan.

Bisa dibilang fitur-fitur yang hadir di ColorOS 11 for Gaming mampu membantu kita memainkan game dengan nyaman, lancar, dan imersif di Reno5 F. Menurut Anda, fitur mana saja yang sangat membantu saat bermain game secara intensif.

Sementara itu, Reno5 F sendiri mulai dijual pertama kali di Indonesia mulai 2 April 2020 melalui jalur offline dan online dengan harga Rp 4.299.000. Namun untuk mendapatkannya lebih awal, kamu bisa mengikuti flash sale di Lazada Indonesia mulai 27 Maret hingga 1 April 2020.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.comPostingan ColorOS 11 untuk Gaming Bikin Game Berjalan Lancar dan Lancar di Reno5 F, Yuk Simak Fitur-fiturnya! pertama kali muncul di Gadgetren.