Dorong Ekonomi Digital, Data Center neuCentrIX Meruya Diresmikan

Dorong Ekonomi Digital, Data Center neuCentrIX Meruya Diresmikan

Jakarta, Selular.ID – Dalam rangka mengakselerasi bisnis platform digital sebagai salah satu fokus bisnis digital yang dijalankan, Telkom meresmikan data center neuCentrIX ketiga di wilayah Jakarta, tepatnya di Meruya. Data center yang diresmikan langsung oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom ini distandarisasi dengan tier-3, dimana service level assurance dijamin downtime kurang dari 1,6 jam dalam satu tahun (dijamin 99,982%) ketersediaan).

Saat ini data center milik Telkom tersebar di 13 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Manado. Dengan cakupan jaringan terluas hingga mancanegara dan eyeball access terbesar di Indonesia, niscaya neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan platform digital dan konektivitas yang mendukung perkembangan bisnis di masa depan. Selain itu, neuCentrIX juga merupakan pusat data netral operator, memungkinkan interkoneksi antara beberapa operator telekomunikasi sehingga memberikan fleksibilitas bagi bisnis dalam merancang jaringannya.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan mengatakan, "neuCentrIX merupakan inisiatif TelkomGroup dalam melayani pasar wholesale untuk industri telekomunikasi dan ekosistem digital dengan menyediakan layanan data center dengan cakupan terluas dan berdaya saing global. Bersaing dengan berbagai pelaku bisnis global dan domestik. Telkom optimis dapat memperluas kapasitas dan jangkauan data center di berbagai kota di Indonesia. ”

Seperti diketahui, Temasek memproyeksikan ekonomi digital Indonesia akan meningkat tiga kali lipat dari US $ 40 miliar menjadi US $ 133 miliar pada 2025. Namun, potensi ekonomi digital ini baru bisa terwujud jika didukung infrastruktur yang memadai. salah satunya melalui pembangunan koneksi internet di seluruh Indonesia. Roadmap pengembangan ekonomi digital melalui perluasan koneksi internet membuka peluang bagi provider untuk meningkatkan skalabilitas bisnis. Selain koneksi internet, pusat data juga merupakan enabler yang berperan penting sebagai pendorong bisnis utama bagi penyedia lokal dan global.

Baca:  Data Aplikasi Cermati Bocor, Pengguna Disarankan Segera Ganti Password

Dalam ekonomi digital, data dan informasi memegang peranan penting dalam meningkatkan nilai para pelaku bisnis. Tak heran muncul istilah “Data is a New Oil” yang artinya data sangat berharga dan nilainya terus meningkat bila dikumpulkan secara lengkap dan akurat, terhubung, dan relevan dengan data lain serta digunakan pada waktu yang tepat.

Tingginya nilai data dan informasi ini menyebabkan perusahaan memperlakukannya sebagai aset berharga yang harus dijaga dengan baik. Seiring dengan peningkatan digitalisasi, pusat data menjadi area yang jauh lebih strategis, tidak hanya dalam lingkup manajemen TI, tetapi mencakup bisnis secara keseluruhan. Selain itu, pusat data adalah tulang punggung digitalisasi perusahaan, membantu mengamankan kesuksesan jangka panjang dan berdampak langsung pada biaya dan pendapatan.

Berdasarkan survey yang dilakukan IDC pada tahun 2020 terhadap 100 penyedia layanan internet (ISP) yang tersebar di 20 kota besar di Indonesia, setidaknya ada 4 hal yang menjadi perhatian dalam memilih data center yaitu harga; produk, layanan, dan solusi yang ditawarkan; layanan nilai tambah; dan cakupan yang luas.

“Dengan segala kekuatan dan kekuatan neuCentrIX serta brand image dan track record yang dimiliki Telkom Indonesia dalam bisnis digital semakin mengukuhkan posisi data center neuCentrIX ini sebagai data center pilihan pelanggan. bentuk dukungan Telkom melalui digitalisasi untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi, ”pungkas Dian.

Postingan Mendorong Ekonomi Digital, NeuCentrIX Data Center Meruya Diresmikan muncul pertama kali di Selular.ID.