Font Aplikasi Java Rusak Saat Running di Windows Virtual

font aplikasi java rusak windows virtualbox

Ceritanya ada seorang teman yang ingin menjajal aplikasi desktop berbasis Java. Nah semenjak saya menggunakan Linux, dan ketika saya test aplikasinya di Linux, ternyata muncul driver-database error. Mau tidak mau harus mengujinya di Windows karena toh aplikasinya digunakan untuk platform Windows nanti (padahal sebenarnya Java itu cross platform).

Untungnya saya sudah menyiapkan Windows di Linux saya. Kamu tahu? Bisakah Windows diinstal di Linux?

Anda bisa, saya menggunakan virtualbox untuk menjalankan Windows. Sebaliknya, Linux juga dapat diinstal di VirtualBox di Windows.

Font Aplikasi Java Rusak Saat Berjalan di Windows Virtual

Ceritanya saat berjalan di Windows, aplikasi berjalan dengan baik … tapi … fontnya rusak. Ternyata penyebabnya adalah alokasi memori untuk Virtual Window.

Saya tidak bisa menampilkan screenshot dari font yang rusak disini, saya hanya malas untuk mengambilnya hehe. Tapi saya pasti akan menunjukkan tangkapan layar untuk menyelesaikan masalah ini di sini.

Font aplikasi Java adalah virtualbox windows rusak
Pengaturan Windows VirtualBox

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mengalokasikan lebih banyak memori di memori video. Caranya, klik Settings, Preferences, pilih Display, lalu geser saja memori video, di sini saya geser hingga 128 MB, lalu saya centang juga Enable 3D acceleration dan aktifkan akselerasi video 2D.

Setelah itu, jalankan kembali Windows dan coba jalankan aplikasi Java. Insyaallah tampilannya tidak lagi rusak.

Sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat walaupun tulisan agak berantakan hehe.

Posting Aplikasi Java Font Rusak Saat Berjalan di Windows Virtual muncul pertama kali di Azuharu ~ Another Dream.

Baca:  Ini Solusi Pintar Mengatasi Kecanduan Bermain Game Pada Anak