Inilah 5 Fitur Andalan OPPO Reno4 Untuk Privasi dan Keamanan Pengguna

Inilah 5 Fitur Andalan OPPO Reno4 Untuk Privasi dan Keamanan Pengguna

OPPOReno4-Front

Gadgetren – OPPO Reno4 secara resmi telah diluncurkan di Indonesia dengan membawa peningkatan terhadap desain, kamera, dan performa.

Selain itu, OPPO Reno4 juga membawa fitur privasi dan keamanan yang mampu memberikan kenyaman untuk aktivitas sehari-hari. Salah satu fitur privasi yang menjadi sorotan adalah Smart Spying Prevention untuk mencegah orang lain melihat pesan masuk secara diam-diam.

Selain itu, Reno4 juga membawa fitur privasi dan keamanan lainnya seperti Secure Keyboard, Prevent Background Recording, Private Safe, dan Personal Information Protection. Bagi kamu yang ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka dapat melihat ulasannya sebagai berikut ini

Smart Spying Prevention

OPPO Watch with Reno4

OPPO Reno4 hadir dengan AON Smart Sensor atau AI-enhanced Smart Sensor yang merupakan fitur dengan kombinasi algoritma kecerdasan buatan khusus di ColorOS 7.2 dan sensor berdaya rendah di bagian punch hole sehingga mampu membuat smartphone ini mengenali pose, wajah, dan gerakan untuk perlindungan privasi pengguna.

Smart Spying Prevention merupakan salah satu dari fitur AON Smart Sensor yang memungkinkan privasi kamu tetap terjaga pada saat sedang membaca pesan. Pada saat ada pesan masuk, maka sensor pintar yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan akan mengaktifkan Smart Spying Prevention untuk mengidentifikasi wajah pengguna.

Selama fitur ini aktif, konten notifikasi yang muncul di layar akan disembunyikan. Misalnya saja kamu sedang melihat notifikasi layar smartphone dan ternyata ada orang di belakang yang mencoba mengintip, maka pesan tersebut tidak akan dapat terlihat sama sekali oleh pengintip.

Apabila hanya satu wajah saja yang terdeteksi, maka kamera depan Reno4 akan dihidupkan untuk mengidentifikasi apakah wajah merupakan pemiliknya atau bukan. Sementara jika yang teridentifikasi memang pemilik smartphone, maka seluruh pesan akan ditampilkan.

Nantinya apabila sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang atau tidak ada orang yang menghadap ke layar, maka notifikasi pesan akan tetap ditampilkan. Hanya saja kontennya yang tidak akan ditampilkan sama sekali.

Secure Keyboard

Reno4 - Secure Keyboard

Bisa dibilang ini merupakan salah satu fitur menarik yang hadir pada Reno4 karena merupakan sebuah keyboard virtual khusus yang dibuat OPPO untuk keamanan pengguna ketika mengetikkan password pada berbagai situs, aplikasi, dan masih banyak lagi.

Dengan Secure Keyboard, OPPO menjamin bahwa password yang diketik tidak akan dilihat maupun disimpan oleh OPPO. Selain itu, keyboard ini juga mengamankan proses pengetikkan password dari aplikasi Spyware yang ditanam secara diam-diam pada smartphone pengguna.

Untuk bisa mengatkfikan fitur yang satu ini, kamu dapat melihat langkah singkatnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Secure Keyboard

  1. Pertama, masuk ke menu atau aplikasi Settings di Reno4
  2. Pilih menu Additional settings
  3. Selanjutnya, buka menu Keyboard & input method
  4. Kemudian, kamu dapat langsung mengaktifkan Use secure keyboard for password input
  5. Setelah fitur aktif, maka Secure Keyboard akan muncul setiap kamu memasukkan password pada situs, aplikasi, game, atau lainnya

Prevent Background Recording

OPPO Reno4

Fitur yang satu ini dapat mencegah aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) tidak secara diam-diam mengakses bagian penting dari Reno4. Pada saat aplikasi di latar ingin menggunakan mikrofon untuk merekam audio, maka akan muncul notifikasi di status bar yang meminta izin ke pengguna.

Sama halnya saat aplikasi di latar ingin menggunakan kamera, maka harus meminta izin kepada pengguna terlebih dahulu. Fitur ini sudah aktif secara otomatis di Reno4 sehingga kamu tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dulu.

Baca:  Harga Samsung Galaxy Note 7 RAM 6GB Bulan November 2019

Private Safe

OPPO Reno4 - 10

Private Safe merupakan salah satu fitur andalan OPPO yang memungkinkan kamu menyembunyikan foto, audio, dokumen, dan file lainnya pada Reno4. Dengan fitur ini, maka tidak sembarang orang dapat melihat file yang telah disembunyikan.

Untuk bisa membuka file yang telah disembunyikan oleh fitur ini, kamu harus memasukkan password atau pattern yang telah ditentukan sejak awal sebelum Private Safe aktif. Bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur ini, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Private Safe

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi Settings di Reno4
  2. Selanjutnya, pilih menu Privacy lalu Private Safe
  3. Kemudian kamu diminta untuk mengaktifkan password atau pattern
  4. Setelah selesai dimasukkan, maka kamu akan dihadapkan pada folder foto, audio, dokumen, dan other
  5. Pilih salah satu folder dan tekan tombol Add berlambang + di bagian kanan atas
  6. Lalu kamu akan dihadapkan pada file-file yang dapat dipilih untuk disembunyikan dan tekan Done jika sudah
  7. Selamat, file-file tersebut telah masuk ke dalam folder Private Safe

Apabila kamu ingin mencari file-file yang telah disembunyikan, maka dapat menuju folder Private Safe dengan langkah-langkah di atas tadi. Namun biasanya sistem akan menyarankan kamu memunculkan folder shortcut untuk mengakses Private Safe dari homescreen.

Personal Information Protection

Reno4 Personal Informasi

Fitur yang satu ini berguna untuk menjaga privasi penggunanya agar tidak bocor kepada dunia luar atau orang jahat melalui berbagai aplikasi yang sudah terpasang. Pada saat aplikasi sosial media atau game dibuka pertama kali, biasanya aplikasi akan meminta akses untuk melihat berbagai data, seperti kontak untuk kebutuhan sinkronisasi dengan pengguna lain.

Namun terkadang celah akses ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membocorkan data pribadi kita. Untuk itulah, OPPO menghadirkan fitur Personal Information Protection agar data pengguna Reno4 dapat terlindungi.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mencegah berbagai aplikasi untuk melihat riwayat panggilan, kontak, SMS atau pesan, dan event yang sudah ada di jadwal kalender. Kamu dapat menerapkan fitur ini untuk beberapa aplikasi atau semuanya.

Selain itu, terdapat juga mode Smart Protection yang memungkinkan fitur ini dapat menyesuaikan pemberian data kosong pada aplikasi yang sedang dibuka. Untuk mengaktifkan Personal Information Protection, kamu dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Personal Information Protection

  1. Pertama, masuk ke aplikasi atau menu Settings di Reno4
  2. Pilih menu Privacy lalu kemudian Personal Information Protection
  3. Selanjutnya pilih perlindungan data dari beberapa aplikasi atau semuanya yang terdapat di kategori Protect Call History, Protect Contacts, Protect Messages, dan Protect Events.
  4. Selain itu, terdapat juga Smart Protection yang dapat kamu aktifkan agar secara pintar dapat memberika dan data kosong ke aplikasi
  5. Setelah fitur ini aktif, maka privasi data kamu menjadi aman

Hadirnya fitur-fitur andalan ini membuktikan bahwa OPPO serius untuk menjaga privasi dan keamanan dari pengguna Reno4 agar datanya tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca lebih lanjut seputar gadget di gadgetren.com

The post Inilah 5 Fitur Andalan OPPO Reno4 Untuk Privasi dan Keamanan Pengguna first appeared on Gadgetren.