Jelang Pilkada, WhatsApp Ajak Pengguna Lawan Hoaks

whatsapp app, fitur whatsapp

Jakarta, Selular.ID – WhatsApp melancarkan kampanye untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana mengenali dan mencegah penyebaran disinformasi di Indonesia, khususnya jelang Pilkada akhir tahun 2020. Dalam acara bertajuk "Breaking Hoaxes Easy as ABC: Smart Finger for the Country “, WhatsApp mengajak masyarakat Indonesia untuk mengatasi hoax dengan tiga langkah mudah ABC, di antaranya Mencermati isi pesan, Membaca Hingga Habis, Cek Sumber Informasi.

Kampanye ini meliputi peluncuran chatbot pengecekan fakta versi terbaru bekerja sama dengan WhatsApp dengan Mafindo, serta kerja sama dengan komunitas pengecekan fakta dan influencer di media sosial untuk bersosialisasi dan sekaligus mendorong keterlibatan masyarakat Indonesia. melawan disinformasi.

“WhatsApp sangat berkomitmen untuk memberantas isu disinformasi yang merajalela, oleh karena itu kami terus mengupdate produk kami untuk berkontribusi pada tantangan sosial ini,” kata Sravanthi Dev, Communication Director WhatsApp APAC, Kamis (19/11).

Pemeriksaan fakta melalui chatbot Mafindo dikembangkan dengan dukungan finansial dari WhatsApp. Chatbot juga mudah diakses, di mana pengguna cukup menambahkan nomor chatbot + 62-859-2160-0500 ke kontak WhatsApp mereka. Setelah itu, pengguna bisa mengirim pesan ke chatbot untuk mengecek fakta dan mempelajari tips melindungi diri dari hoax.

Baca juga: Lebih Mudah, WhatsApp Kini Punya Tombol Belanja

“Dengan adanya chatbot ini, kami berharap dapat memberikan cara yang efisien dan mudah bagi jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia untuk memverifikasi informasi yang mereka terima. Dengan begitu, semua orang bisa berperan menekan disinformasi, ”kata Septiaji Eko Nugroho, Ketua Presidium MAFINDO.

Selain itu, WhatsApp juga melibatkan Fact Check Liputan6.com untuk mensosialisasikan langkah-langkah ABC dalam kampanye edukasi nya. Komunitas ini terdiri dari sekitar 2.000 pemeriksa fakta dan relawan independen dari seluruh Indonesia.

Baca:  Jelang Peluncuran, Bocoran Harga Asus Zenfone 6 Telah Terungkap

Agar pesan ini semakin menarik dan mudah diingat, WhatsApp mengemas tiga langkah ABC yang mudah berupa jingle yang seru, dilanjutkan dengan dance challenge yang dikoreografikan oleh bintang TikTok yang sedang naik daun, Triarona. WhatsApp juga bermitra dengan komedian Abdul Kadir dan pemimpin komunitas Rosianna Silalahi untuk menyebarkan pesan penting ini ke berbagai platform, termasuk Facebook dan Instagram.

Postingan Jelang Pilkada, WhatsApp Ajak Pengguna Melawan Hoaks muncul pertama kali di Selular.ID.