Pengganti Kamera, Ini 6 Rekomendasi Smartphone Apik Untuk Vlogging

Pengganti Kamera, Ini 6 Rekomendasi Smartphone Apik Untuk Vlogging

Jakarta, Selular.ID – Membuat konten merupakan salah satu kegiatan yang saat ini semakin digemari banyak orang. Apalagi kini masyarakat dihadapkan pada kenyataan hanya tinggal di rumah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Sejak beberapa tahun yang lalu sebenarnya sudah banyak pembuat konten di Youtube, namun tidak sesibuk sekarang. Mulai tahun lalu, semakin banyak pendatang baru di dunia vlogger dengan berbagai platform. Mulai dari orang biasa, selebritis, hingga tokoh politik, mereka juga terjun menjadi vlogger, baik untuk dijadikan ladang penghasilan utama maupun hanya konten sampingan.

Untuk menghasilkan konten yang menarik tentunya harus melalui berbagai proses sebelum diunggah ke platform. Mulai dari penentuan konsep, pengambilan video, pemindahan hasil video dari kamera ke laptop, hingga proses editing.

Namun untuk menghasilkan video smartphone yang bagus, Anda tidak hanya menggunakan kamera yang canggih. Banyak juga smartphone yang memiliki kualitas kamera yang tidak kalah canggih dari kamera vlog khusus pada umumnya.

Tak jarang, beberapa pembuat konten juga memilih menggunakan smartphone karena kebutuhan konten videonya agar lebih praktis dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, tim Selular berikut ini memberikan 6 rekomendasi smartphone yang cocok sebagai pengganti kamera untuk membuat konten vlog.

Baca juga: 6 Smartphone Dirilis di Indonesia Februari 2021

1. Samsung Galaxy M21

Rp 3.199.000

Rekomendasi pertama datang dari smartphone seharga Rp3 jutaan, Samsung Galaxy M21. Ponsel besutan Samsung ini cocok untuk vlogging karena ponsel ini mendukung perekaman video kualitas 4K dan fitur super mantap layaknya seri A. Hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah bagi para pembuat konten dalam membuat video vlogging.

Samsung Galaxy M21 juga ditenagai oleh baterai berukuran besar berkapasitas 6.000mAh dan dilengkapi dengan triple camera 48MP, serta didukung oleh prosesor Exynos 9611. Selain layar 6,4 inci full HD + super AMOLED Infinity-U, perangkat ini juga dibekali fitur suara Dolby Atmos.

Spesifikasi lain dari ponsel ini adalah kapasitas RAM 4GB dan penyimpanan data 64GB yang dapat ditingkatkan hingga 512GB.

Di bagian belakang, ponsel ini dibekali tiga kamera yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa Ultra Wide 123 ° 8MP, dan lensa kedalaman (Depth) 5MP yang semakin memperkaya kreativitas pengguna. Selain itu, Galaxy M21 juga memiliki kamera depan 20MP yang tak kalah jernih untuk merekam berbagai aksi selfie foto dan video.

2. Xiaomi Mi Note 10

Rp 6.199.000

Smartphone Terbaik dengan harga Rp. 4-6 juta

Selanjutnya ada Xiaomi Mi Note 10 yang juga cocok sebagai ponsel untuk membuat video vlogger. Smartphone besutan Xiaomi ini dibekali dengan fitur vlog mode yang dapat membuat kualitas video sangat jernih dan beresolusi tinggi, sehingga memudahkan konten kreator untuk membuat video vlog.

Menariknya, ponsel ini memiliki fitur night mode 2.0 yang menyertakan komposisi multi-frame untuk membantu pengguna merekam apapun dengan kualitas tinggi di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya.

Berbicara soal performa, tak perlu diragukan lagi dapur pacu Mi Note 10 Pro. Smartphone ini dibenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 730G dengan performa handal. Prosesor smartphone ini memiliki kecepatan clock hingga 2,2 GHz sedangkan kinerja GPU dalam merender grafis jauh lebih mulus.

Dengan kapasitas memori RAM 8GB, ini cukup untuk memungkinkan pembuat video vlog menyimpan pengambilan video berat dan mengedit aplikasi dengan mudah. Keunggulan lain dari ponsel ini adalah memiliki penyimpanan internal dengan ROM 256GB dan didukung baterai jumbo sebesar 5260mAh.

3. Oppo Reno5 5G

Rp 7.000.000

Rekomendasi ketiga adalah ponsel yang baru dirilis, Oppo Reno5 5G. Nampaknya bukan rahasia umum jika smartphone Oppo memiliki kualitas kamera yang sangat baik.

Oppo Reno5 5G bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari ponsel untuk membuat konten vlog karena hadir dengan ragam fitur video yang cukup lengkap, salah satunya adalah Dual View Video. Fitur ini dapat merekam video menggunakan kamera depan dan belakang dalam satu frame.

Menariknya, Oppo Reno5 5G juga memiliki fitur AI Highlight Video yang mampu mendeteksi kondisi cahaya di sekitar objek sehingga video yang dihasilkan akan terlihat cerah, tajam, dan natural meski dalam kondisi redup.

Saat merekam video di area redup atau gelap, Anda bisa mencoba Oppo Reno5 5G yang menyediakan fitur AI Highlight Video. Fitur ini mampu mendeteksi kondisi cahaya di sekitar objek sehingga video yang dihasilkan akan terlihat cerah, tajam, dan natural.

Baca:  3 Hadirkan Kuota 30GB Harga Rp1 untuk Belajar Daring

Selain itu, kamera Oppo Reno5 5G juga menyertakan fitur lain seperti slow motion, dual-view video, time lapse, movie mode, expert mode, extra HD, night flare portait, ultra steady video, gambar ultra-clear 108 MP, dan mode ultra gelap.

Ada juga aplikasi edit video Soloop yang menawarkan fitur pengeditan yang mudah. Spesifikasi lain dari Oppo Reno5 5G didukung oleh RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB serta ditenagai oleh baterai berkapasitas 4.300 mAh yang hadir dengan keunggulan superVOOC 2.0 dan mendukung pengisian daya hingga 65 Watt.

4. Ponsel 8 Plus

Rp7.700.000

Selanjutnya ada iPhone 8 Plus yang juga dinilai memiliki kualitas video yang bagus untuk dijadikan alat pembuatan konten video vlog. Dibandingkan iPhone X, kualitas kamera video iPhone 8 Plus masih juara.

Kamera belakang iPhone 8 memiliki resolusi video 4K 60 fps. Pengguna juga bisa merekam video dengan slow motion dengan kualitas Full HDR yang memukau.

Bagi Anda yang ingin melakukan zoom in bisa melakukannya tanpa perlu khawatir mengorbankan kualitas resolusi videonya. Dengan menggunakan kamera iPhone 8 Plus ini, pengguna dapat melakukan zoom in sebanyak 6 kali dengan kualitas video yang tetap terjaga.

Sayangnya, beredar rumor bahwa Apple akan menghentikan penjualan iPhone 8 Plus. Namun, jika Anda tertarik untuk menghadirkan smartphone ini, Anda tetap bisa mencarinya di berbagai gerai e-commerce atau ibox dengan harapan masih ada sisa stok.

5. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Rp18.999.000.

Rekomendasi selanjutnya datang dari smartphone kasta tertinggi dari seri Galaxy, yakni Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Ponsel ini memiliki beragam fitur pendukung yang dapat membantu pengguna menghasilkan kualitas video yang apik, termasuk saat merekam video yang sedang bergerak.

Terdapat pula fitur director view dimana semua kameranya akan menyala secara bersamaan sehingga pengguna dapat dengan mudah memilih sudut terbaik secara live saat merekam video. Fitur ini juga memungkinkan pengguna merekam momen dengan semua lensa sekaligus dan menyesuaikan bidikan di masing-masing lensa, yang berarti kamera wide, ultra-wide, dan dua telefoto di Galaxy S21 Ultra 5G semuanya menyala, sehingga pengguna bisa menyala. beralih dengan mudah di antara keduanya. satu lensa ke lensa berikutnya.

Hal menarik lainnya adalah adanya fitur vlogger view, dimana fitur ini berfungsi untuk menangkap konten yang lebih informatif karena kamera depan secara bersamaan akan mengambil gambar pengguna saat mengambil gambar di sekitarnya layaknya pembuat konten sejati tanpa harus repot memutar smartphone.

6. Ponsel 12 pro maks

Rp. 26.999.000 (512 GB)

Kinerja iPhone 12

Rekomendasi terakhir adalah iPhone 12 Pro Max. Ya, seperti kita ketahui bersama bahwa ponsel anyar besutan Apple ini banyak digandrungi oleh para pecinta Apple karena kualitasnya yang bagus.

Jajaran handphone iPhone sudah sering digunakan untuk menghasilkan foto dan video yang berkualitas, baik oleh pengguna umum maupun profesional, dan sudah terbukti bisa diandalkan.

Yang membuat iPhone menarik adalah kemampuannya menangkap gambar yang cenderung terlihat lebih netral dibanding ponsel Android, sehingga bisa dengan mudah dimodifikasi saat diedit.

IPhone 12 Pro Max adalah model teratas yang memiliki spesifikasi tertinggi. Smartphone ini dibekali dengan chipset Apple A14 Bionic dan memori internal berkapasitas 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Selain itu, pilihan format perekaman video terbilang lengkap yakni hingga 4K 60 FPS atau 1080p 240 FPS. Ada juga opsi HDR 10-bit dan Dolby Vision HDR hingga 60 FPS.

Soal layar, iPhone 12 Pro Max dibekali model layar OLED berukuran 6,7 inci (2.778 x 1.284). Di bagian belakang iPhone 12 Pro Max terdapat empat kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera telefoto 12 MP dengan zoom optik 2.5x, kamera ultra wide 12 MP, dan kamera pemindai LiDAR. Ponsel ini juga didukung baterai berkapasitas 3.687mAh dengan wireless charging dan fast charging.

Lantas, smartphone manakah yang menarik perhatian Anda sebagai alternatif bikin konten video vlog? Jangan lupa tonton videonya di bawah ini:

Postingan Mengganti Kamera, Inilah 6 Rekomendasi Smartphone Bagus untuk Vlogging yang muncul pertama kali di Selular.ID.