Perbedaan Customer Relationship Management (CRM) dan Customer Loyality

Perbedaan Customer Relationship Management (CRM) dan Customer Loyality

Keduanya memiliki hubungan Customer Relationship Management (CRM) dengan pelanggan dan Loyalitas Pelanggan sulit dibedakan. Namun intinya adalah agar pelanggan tetap menggunakan layanan yang kami tawarkan.

Jika dilihat dari tujuan akhirnya, bisa dibilang ada kesamaan di antara keduanya. Baik CRM (Pengelolaan hubungan pelanggan) dan pelanggan loyalitas, memiliki tujuan yang sama: memahami pelanggan, berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dengan mereka, mempertahankan pelanggan, dan mencegah mereka bergerak "hati lain". Dalam bahasa yang sederhana, tujuan kedua adalah menciptakan pelanggan setia.

Perbedaan Customer Relationship Management (CRM) dan Customer Loyality

1. Definisi

CRM merupakan strategi manajemen dalam berkomunikasi dengan pelanggan seperti mengumpulkan data pelanggan yang bertujuan untuk mengelola pelanggan atau calon pelanggan.

Loyalitas pelanggan merupakan bentuk loyalitas konsumen untuk menggunakan suatu produk atau jasa secara terus menerus

2. Penggunaan

Pengelolaan hubungan pelanggan digunakan untuk identifikasi pelanggan, seperti memahami pelanggan potensial, dan juga mengetahui kebutuhan pelanggan dan menemukan solusi terbaik. Dan CRM tidak spesifik untuk bagian tertentu mana pun, tetapi berlaku untuk semua posisi. Berguna untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Baca juga: 10 Contoh CRM dan Program Loyalitas yang Inovatif

Bangun kepercayaan pelanggan untuk terus menggunakan layanan sehingga pelanggan akan terus melakukan repeat order dan menjadi pelanggan dengan Loyalty atau Loyalty yang tidak terbatas.

Kesetiaan pelanggan digunakan sebagai penghasil keuntungan atau keuntungan agar mereka dapat menggunakan produk atau layanan secara terus menerus. Karena mereka memiliki kepuasan yang tinggi terhadap Produk atau Jasa yang digunakan, maka akan cenderung timbul rasa merekomendasikan produk atau jasa tersebut kepada orang lain, sehingga mereka dapat merasakan kepuasan seperti yang dirasakan saat menggunakan produk atau jasa yang digunakan.

3. Sasaran

Jika program CRM mencakup semua pelanggan secara umum, sedangkan program pelanggan loyalitas biasanya fokus pada 20% – 40% pelanggan saja. Mengapa? Karena tujuan program loyalitas memberi Penghargaan dan perlakuan istimewa bagi pelanggan setia, yang menyumbang 70% – 80% dari pendapatan perusahaan. Dengan demikian, mereka bisa menjadi menganjurkan untuk merek dan perusahaan. Dengan demikian, investasi CRM tidak dibedakan antara pelanggan saat aktif program loyalitas, pemasar harus fokus pada segmen pelanggan potensial.

Baca:  Cara Membuat Absensi Online dengan Google Form

4. Data & Wawasan

Dalam CRM, data yang dikumpulkan adalah data yang terkait dengan transaksi penjualan (alamat, nomor telepon, dan informasi lain untuk pengiriman produk, layanan, dan tujuan garansi). Data yang diminta biasanya minim karena merek tidak ingin terlalu merepotkan nasabah dengan menanyakan berbagai macam data yang berisiko membuat nasabah membatalkan transaksinya. Seiring waktu dan semakin banyak transaksi penjualan yang dicatat, merek mungkin bisa mendapatkan data perilaku pelanggan, tetapi tetap tidak bisa menggunakan data itu untuk memahami profil pelanggan.

Berbeda dengan pelanggan loyailty. Karena ini sukarela, merek dapat meminta lebih banyak data. Jadi bukan hanya nama, alamat, surel, dan nomor telepon, tetapi juga hal-hal yang disukai pelanggan, hobi, minat, dan hal lain yang dapat membantu merek untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan profil pelanggan mereka. Program selanjutnya loyalitas yang baik mampu memungkinkan pelanggan untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dalam setiap transaksi dan interaksi (misalnya, menanggapi penawaran yang dipersonalisasi yang dikirim melalui surel atau SMS) jadi merek bisa mendapatkan informasi relevan tambahan dari anggota-nya.

Bagaimana, lebih jelas sekarang? Mana yang lebih cocok untuk perusahaan dan merek Kamu? CRM atau loyalitas pelanggan? Semua kembali pada strategi dan tujuan manajemen pelanggan perusahaan yang ingin dicapai.

Perbedaan posting antara Customer Relationship Management (CRM) dan Customer Loyality muncul pertama kali di dunia teknologi.