Polaroid Go, Kamera Analog Instan Terkecil di Dunia Harga Rp1 Jutaan

Polaroid Go
Polaroid Go

MMeski saat ini lebih banyak foto yang diambil secara digital menggunakan kamera smartphone, namun sebagian orang masih lebih suka mencetak karya fotonya. Alasannya bermacam-macam; untuk ditampilkan di dalam ruangan, atau karena faktor sentimental yang lebih pribadi. Memenuhi kebutuhan konsumen ini, Polaroid Go hadir sebagai alternatif yang kompak.

Karena bersifat Polaroid, tentunya kamera ini bisa menghasilkan foto yang dicetak langsung dari bagian dalam bodinya. Namun, berbeda dengan rilis seri sebelumnya, Polaroid Go hadir sebagai kamera analog instan terkecil di dunia saat ini. Seberapa kecil? Hanya 105 x 84 x 61mm, ini dilengkapi dengan lampu kilat built-in.

Oskar Smolokowski, CEO Polaroid mengatakan bahwa Polaroid Go merupakan kontribusi terbesar mereka untuk menghadirkan inovasi desain produk, kreativitas dan sikap yang lebih dominan. "Didesain agar menyenangkan untuk digunakan, dan sangat memudahkan konsumen untuk membawa jenis kamera smartphone yang berbeda, ke mana pun mereka pergi."

Untuk memeriahkan peluncuran kamera terbarunya, Polaroid menggelar kampanye bertajuk "Go create", bersama beberapa kreator ternama. Seperti Quinn Whitney Wilson yang merupakan desainer dan creative director, sekaligus musisi ternama asal London, Arlo Parks.

Baca juga: Fujifilm Instax Mini 40, Kamera Bergaya Retro dengan Mode Selfie

Polaroid Go Dapat Mencetak Foto Ukuran Kartu Kredit

Polaroid Go

Kehadiran Polaroid Go sepertinya ingin menggeser tahta Instax Mini 40 dari Fujifilm yang juga didesain dengan desain yang kompak. Desain kamera Polaroid juga memiliki ciri khas, seperti garis pelangi di bodi atas yang didominasi warna putih. Desainnya mirip dengan seri lainnya, Polaroid Now, hanya saja jauh lebih kecil.

Beratnya hanya 242 gram (tanpa film di dalamnya). Sementara itu, karena dimensinya yang lebih kecil, "Go film" dibuat khusus untuk perangkat ini. Hadir dalam format klasik dengan rasio kotak. Dimensinya 66.6 x 53.9mm, dengan ukuran foto sebenarnya 47 x 46mm. Jika Anda membandingkannya, tidak jauh berbeda dengan kartu kredit.

Baca:  Inilah Fitur-Fitur Andalan Dari Kamera OPPO Reno5 Versi Indonesia

Polaroid Go

Kamera ini dilengkapi kaca khusus di bagian depan untuk selfie, serta mode timer untuk memudahkan pengambilan gambar. Untuk masa pakainya, baterai 750 mAh pada Polaroid Go dapat menggunakan hingga 15 bungkus film (8 lembar kertas foto per paket). Mendukung flash dinamis, eksposur ganda, dan aksesori tambahan agar mudah dibawa.

Untuk spesifikasi yang lebih teknis, kecepatan rana pada kamera ini bervariasi, mulai dari 1/125 hingga 30 detik. Sedangkan untuk diafragma mulai dari f / 12 hingga f / 52, digunakan lensa jenis polycarbonate resin. Polaroid sendiri tidak menyebutkan adanya autofokus pada kamera mungil ini.

Harga Kamera Analog Polaroid Go Instan

Polaroid Go

Perangkat ini dijual dengan sistem pre-order, buka hingga 27 April. Harga? USD100 atau sekitar Rp 1,4 juta. Harga tersebut sudah termasuk satu unit Polaroid Go, Color Film Double Pack (berisi 16 lembar kertas foto ASA 640), tali pengikat di leher dan kabel pengisi daya USB.

Sedangkan untuk kemasan filmnya sendiri dijual dengan harga USD 20 atau sekitar Rp. 290 ribu. Di era dimana hampir semua foto yang diambil dari smartphone diposting di media sosial, apa pendapat sobat Gizmo tentang sistem kamera jadul seperti ini?