Review Baterai OPPO Reno5 5G – Didukung 65W SuperVOOC 2.0 yang Super Cepat

OPPO Reno5 5G Front Box

Kotak Depan OPPO Reno5 5G

Gadgetren – Selain memiliki performa yang mumpuni dan kemampuan kamera yang menarik, OPPO Reno5 5G juga hadir dengan daya tahan baterai yang mumpuni.

Berbekal baterai 4.300mAh, ponsel ini mampu bertahan lama untuk aktivitas sehari-hari. Hal tersebut telah dibuktikan dengan pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark untuk Android dan penggunaan sehari-hari.

Untuk pengetesannya sendiri, saya menggunakan mode battery life Work 2.0, tingkat kecerahan layarnya 50%, dan kondisi baterai mulai 100%. Perlu diperhatikan bahwa daya tahan baterai Work 2.0 akan mensimulasikan penggunaan ponsel dalam aktivitas sehari-hari.

Saya sendiri menguji daya tahan baterai menggunakan PCMark for Android karena OPPO Reno5 5G memiliki dua pengaturan refresh rate yang terdiri dari 90Hz dan 60Hz.

Pada uji refresh rate 90Hz, ponsel ini mendapat skor 12 jam 39 menit. Sedangkan pada refresh rate 60Hz, OPPO Reno5 5G berhasil mendapatkan skor mencapai 14 jam 4 menit.

Kemudian saya juga menjajal OPPO Reno5 5G untuk penggunaan aplikasi sehari-hari mulai dari SMS, telepon, media sosial, sesekali main game, mengedit dokumen, mengecek email, sesekali memutar video, atau sesekali mendengarkan musik.

OPPO Reno5 5G BatteryBenchmark

Saya sendiri memantau lamanya masa pakai baterai menggunakan aplikasi AccuBattery yang diinstal dari Google Play Store. Pada layar dengan refresh rate 90Hz, teramati bahwa OPPO Reno5 5G mampu bertahan 12 jam 1 menit dari kondisi 100% hingga 19% dengan layar on time hingga 5 jam 11 menit.

Sedangkan pada refresh rate 60Hz, perangkat ini mampu bertahan selama 13 jam 43 menit dari kondisi 100% hingga 14% dengan layar on time hingga 5 jam 33 menit.

Berdasarkan benchmark dengan PCMark for Android dan penggunaan aktivitas sehari-hari, terlihat bahwa OPPO Reno5 5G yang menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan refresh rate 90Hz.

Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi refresh rate yang digunakan layar maka semakin besar pula konsumsi energi yang digunakan pada OPPO Reno5 5G. Meski begitu, tak bisa dipungkiri penggunaan layar refresh rate 90Hz mampu menampilkan pergerakan transisi antar aplikasi serta animasi game yang halus dan memanjakan mata.

Baca:  Mengenal Charles Darwin, Pencetus Teori Evolusi yang Disalahpahami

OPPO Reno5 5G Tampilan Atas

Secara garis besar, daya tahan baterai ponsel ini bisa dibilang lama mengingat kapasitas baterainya yang mencapai 4.300mAh. Hal tersebut menunjukkan bahwa OPPO telah berhasil memaksimalkan software dan hardware sehingga menjadikan baterai Reno5 5G dapat digunakan secara efisien dan optimal.

Menariknya, OPPO telah menyematkan teknologi 65W SuperVOOC 2.0 di dalam Reno5 5G yang mampu mengisi baterai dengan sangat cepat. OPPO mengklaim bahwa teknologi ini mampu mengisi daya baterai dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 35 menit. Sedangkan saat saya mencobanya, fitur ini mampu mengisi daya baterai dari 19% menjadi 100% dalam waktu 39 menit.

Dengan kata lain, waktu pengisian baterai yang saya rekam pada Reno5 5G mendekati apa yang diklaim oleh OPPO. Tentunya untuk dapat membuat SuperVOOC 2.0 65W aktif, kita harus memiliki adaptor charger dan kabel data khusus yang mendukung fitur tersebut.

Paket OPPO Reno5 5G

Untuk itu, OPPO menghadirkan adaptor charger dan kabel data yang mendukung 65W SuperVOOC 2.0 dalam paket penjualan Reno5 5G. Dengan kata lain, kedua perangkat ini sangat kita perlukan untuk bisa secara optimal mengaktifkan fitur fast battery charging pada Reno5 5G.

Secara keseluruhan, saya puas dengan Reno5 5G yang memiliki daya tahan baterai yang lama untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Apalagi fitur 65W SuperVOOC 2.0 mampu menghemat waktu tunggu saya karena pengisiannya yang sangat cepat.

Dengan harga Rp. 6.999.000, OPPO Reno5 5G dibekali dengan baterai yang tahan lama dan fitur pengisian yang sangat cepat bahkan memiliki dukungan jaringan 5G.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.comPostingan Review Baterai OPPO Reno5 5G – Didukung 65W SuperVOOC 2.0 yang Super Cepat pertama kali muncul di Gadgetren.