Samsung Galaxy S10 Series Mendapat Giliran Pembaruan One UI 3.0

Samsung Galaxy S10
Samsung Galaxy S10

Selain terus merilis smartphone baru, Samsung juga menjadi salah satu dari merk yang juga memerhatikan pengguna produk lamanya. Dalam beberapa tahun belakangan, mereka cukup rutin untuk memberikan pembaruan software ke beragam seri yang sudah rilis sebelumnya. Kini giliran Samsung Galaxy S10 series, mendapatkan One UI 3.0 berbasis Android 11.

Pengguna flagship rilisan 2019 tersebut akhirnya mendapatkan giliran untuk mencoba tampilan antarmuka terbaru yang diberikan oleh Samsung. Sesuai dengan perencanaan yang dirilis beberapa pekan lalu, Galaxy S10 mendapatkan One UI 3.0 setelah Galaxy Note 20 series, S20 series dan Galaxy Note 10 series. Pembaruan ini digulirkan secara bertahap.

Informasi ini didapatkan dari Sammobile. Beberapa pembacanya telah mendapatkan pembaruan One UI 3.0 di Galaxy S10 mereka, tepatnya Galaxy S10e dan Galaxy S10 5G di Switzerland. Mereka mendapatkannya secara langsung alias over the air (OTA), dengan mengakses menu Settings – Software update.

Baca juga: Inilah Jadwal Pembaruan One UI 3.0 untuk Smartphone Samsung

Pengguna Galaxy S10 Series Exynos Mulai Dapat One UI 3.0

One UI 3.0

Hadir secara bertahap, pengguna Galaxy S10 secara global bakal mendapatkannya dalam waktu dekat. Dan mungkin juga berlaku di Tanah Air, mengingat pengguna yang sudah mendapatkannya di Switzerland merupakan Galaxy S10 dengan varian prosesor Exynos, yang sama seperti versi resmi di Indonesia. Diperkirakan bila pembaruan ini nantinya bakal datang bersama dengan pembaruan keamanan Google bulan Januari 2021.

“Peluncuran One UI 3.0 hanyalah awal dari komitmen kami, untuk menawarkan pengalaman seluler terbaik kepada konsumen Samsung Galay dengan beri mereka akses ke inovasi OS terbaru, segera setelah tersedia,” ujar Dr. TM Roh, President dan Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics dalam sebuah pernyataan resminya.

Baca:  7 Alasan Samsung Galaxy Tab S7 Tablet Sempurna untuk Bekerja di Rumah

Selain hadir untuk lini seri flagship seperti Galaxy S, Galaxy Note dan Galaxy Z Flip dan Fold, One UI 3.0 juga nantinya bakal hadir di lini A series, secara bertahap pada semester awal 2021. Seluruh tampilan yang ada seperti bagian home screen, lockscreen dan bar notifikasi dibuat agar fokus menampilkan informasi yang esensial. Efek transisi dan animasinya juga dirancang ulang supaya pengguna bisa fokus ke hal-hal yang penting.

Kameranya juga ditingkatkan, yang nanti bakal gunakan bantuan AI untuk memperjelas hasil foto yang menggunakan pembesaran digital (digital zoom). Pengguna juga bakal dimudahkan untuk mengetahui rutinitas penggunaan smartphone sehari-hari, lewat tampilan aplikasi digital wellbeing yang diperbarui.

Spesifikasi Galaxy S10 Series Masih Oke di 2021

Samsung Galaxy S10

Untuk standar smartphone tahun 2021, Samsung Galaxy S10 series tentu bisa dibilang masih memiliki spesifikasi yang mumpuni. Chipset Exynos 9820 yang digunakan setara dengan Snapdragon 855, meski pengguna keluhkan daya tahan baterai yang kurang prima. Terutama di varian Galaxy S10e, yang memang memiliki fisik yang kompak.

Samsung Galaxy S10 series adalah smartphone Samsung terakhir yang menggunakan sensor utama dual aperture f/1.5 – f/2.4 12MP. Sensor tersebut ditemani dengan dua sensor lainnya, yaitu 12MP 2x optical zoom dengan OIS dengan 16MP f/2.2 ultra wide-angle.

Kapasitas baterainya memang tergolong kecil untuk standar smartphone masa kini, namun setidaknya mendukung fast charging 15W baik lewat kabel maupun secara nirkabel. Bila ditilik di e-commerce, harga pasaran Samsung Galaxy S10 saat ini sudah mencapai Rp6 jutaan, untuk unit 2nd atau bekasnya.