Struktur Komisi App Store Apple Dipertanyakan Dalam Sidang Antimonopoli

CEO Apple Tim Cook membela struktur komisi App Store perusahaan dalam kesaksiannya di hadapan Subkomite House Antitrust pada hari Rabu. Dia mengklaim sebagian besar aplikasi tidak membayar komisi sama sekali, dengan yang lain membayar 15 atau 30 persen, berdasarkan spesifik dari situasi khusus mereka. Dia mengatakan semua pengembang diperlakukan sama dan Apple tidak akan menaikkan komisi, karena harus bersaing untuk kepentingan pengembang dalam platformnya juga.

Tetapi dokumen-dokumen yang dibagikan oleh subkomite DPR sebagai bagian dari penyelidikan mereka menunjukkan bahwa pengecualian terhadap aturan Apple telah dibuat – terutama, dengan aplikasi Video Prime Amazon. Selain itu, Apple mungkin tidak pernah menaikkan komisi, tetapi diskusi tidak disangkal. Bahkan pernah dianggap meningkatkan komisi hingga 40% dalam situasi tertentu.

Para pembuat undang-undang datang ke persidangan yang dilengkapi dengan email internal Apple dan wawancara dari pengembang App Store yang berpendapat bahwa Apple tidak secara seragam menegakkan aturannya dan memainkan favorit. Tetapi pertanyaan mereka tentang Cook atas biaya App Store, dikombinasikan dengan format yang membatasi kemampuan eksekutif untuk merespon panjang lebar, pada awalnya tampaknya mengungkapkan sedikit dalam hal informasi baru tentang praktik Apple.

Misalnya, ketika ditanya langsung tentang cara kerja App Store, Cook hanya menyatakan kembali aturan toko yang dipublikasikan – yaitu, untuk pengembang aplikasi yang harus membayar komisi, mereka hanya membayar 15 atau 30 persen. Pedoman saat ini membutuhkan 30% untuk aplikasi yang menjual barang atau layanan digital, dengan penurunan hingga 15% di tahun kedua untuk aplikasi berlangganan. Peraturan tersebut juga mendokumentasikan pahatan untuk aplikasi “pembaca” seperti aplikasi buku audio, layanan streaming, publikasi berita, dan produk kompetitif lainnya yang memiliki opsi untuk membatalkan pembelian dalam aplikasi.

Cook juga dipertanyakan dalam menyebutkan tentang bagaimana sebagian besar aplikasi App Store, 84%, tidak membayar apa pun kepada Apple dalam komisi. Itu adalah 16% sisanya yang membayar, katanya.

Dan ketika ditanya apakah Apple adalah satu-satunya penjaga gerbang mengenai apa yang akan dipublikasikan di App Store, Cook setuju bahwa itu – mengingat bahwa App Store adalah “fitur iPhone, sangat mirip dengan Kamera dan chipnya.” Dia mengklarifikasi bahwa kendali Apple atas aplikasi hanya meluas ke aplikasi perangkat lunak asli, bukan aplikasi web, tetapi membantah Apple memperlakukan pengembang secara tidak adil.

“Kami memperlakukan setiap pengembang sama. Kami memiliki aturan yang terbuka dan transparan, ”kata Cook, dalam kesaksiannya. “Ini adalah proses yang ketat, karena kami sangat memperhatikan privasi, keamanan, dan kualitas. Kami melihat setiap aplikasi sebelum berjalan, ”tambahnya.

Baca:  Qualcomm Umumkan Quick Charge 5 : Pengisian Daya Hanya Butuh 15Menit

Tetapi email pada tahun 2016 antara Apple SVP Eddy Cue dan CEO Amazon Jeff Bezos, yang dibagikan di sini di situs web House Judiciary Committee Committee, mengindikasikan bahwa Apple, pada kenyataannya, tampaknya telah menegosiasikan kesepakatan khusus dengan Amazon mengenai aplikasi Amazon Prime Video untuk iOS dan Apple TELEVISI. Dalam email bertanggal November 2016 – sebelum peluncuran aplikasi Prime TVTV 2017 – Apple setuju untuk hanya mengambil bagian pendapatan 15% untuk pelanggan yang mendaftar di aplikasi menggunakan mekanisme pembayaran Apple. (Biasanya, aplikasi berlangganan tidak turun dari 30% menjadi 15% hingga tahun kedua.)

Apple pada bulan April ini mengonfirmasikan bahwa ia memiliki program khusus untuk Prime Video dan sejumlah kecil aplikasi lain, yang merupakan penyedia hiburan video berlangganan. Program ini memungkinkan perusahaan-perusahaan itu untuk menyewakan atau menjual film dan acara TV kepada pelanggan menggunakan metode pembayaran yang sudah ada dalam arsip perusahaan, serta lebih terintegrasi dengan Siri. Tetapi Apple tidak mengatakan bahwa program khusus ini akan mencakup pengurangan komisi pada langganan atau kenaikan harga dalam aplikasi lainnya, karena konfirmasi email ini adalah poin diskusi.

Ini bukan pertama kalinya Apple melihat struktur komisinya sebagai memiliki ruang untuk melenturkan.

Ketika Cook ditanyai apakah ada sesuatu yang dapat menghentikan Apple dari menaikkan komisi, katakanlah, 50%, CEO menjawab bahwa Apple tidak pernah meningkatkan komisi sejak hari pertama. Dia juga berargumen, ketika ditanya apakah ada yang bisa menghentikannya, persaingan untuk kepentingan pengembang akan menghentikannya menaikkan potongannya.

“Ada kompetisi untuk pengembang, sama seperti ada kompetisi untuk pelanggan. Dan kompetisi untuk pengembang – mereka menulis aplikasi mereka untuk Android atau Windows atau Xbox atau Playstation, ”kata Cook. “Kami memiliki persaingan ketat di sisi pengembang dan sisi pelanggan yang pada dasarnya – sangat kompetitif, saya akan menggambarkannya sebagai pertarungan jalanan untuk pangsa pasar dalam bisnis ponsel cerdas,” tambahnya.

Namun dalam email internal dari 2011, Apple memang membahas kenaikan komisi – hingga 40% untuk tahun pertama langganan berulang. “Saya pikir kita mungkin meninggalkan uang di atas meja jika kita hanya meminta sekitar 30% dari tahun pertama kapal selam,” tulis Cue pada saat itu.

Tentu saja, Apple tidak melangkah jauh untuk benar-benar melakukan perubahan pada tahun-tahun yang telah berlalu. Tetapi email-email ini menunjukkan ada lebih banyak pemikiran Apple – dan pembahasannya seputar struktur komisi – daripada yang diperankan oleh Cook.