Surface Laptop 4 Diluncurkan, Hadir dengan Opsi Prosesor AMD Ryzen & Intel

Review Huawei FreeBuds 4i: Desain Makin Stylish, Baterai Makin Prima
Microsoft Surface Laptop 4

SSelain dikenal dengan perangkat tablet Windows-nya yang tangguh, Microsoft juga telah menghadirkan versi PC-nya sendiri dalam berbagai bentuk dan dimensi. Salah satu seri mid-range adalah Surface Laptop 4, yang baru saja diupdate untuk tahun 2021. Kini hadir dalam dua ukuran dan prosesor yang berbeda.

Jika Surface Pro adalah tablet dengan penyangga dan Surface Book memiliki layar yang dapat dilepas, Surface Laptop 4 lebih konvensional. Sesuai dengan namanya, form factor atau bentuknya memang seperti laptop pada umumnya. Microsoft tetap memberikan sentuhan khas seperti logo dan material yang kini hadir dalam empat warna.

Jika warna Sandstone dan Matte Black hadir dengan permukaan aluminium luar dan dalam, pilihan warna Platinum dan warna baru, Surface Laptop 4 Ice Blue menggunakan permukaan kain Alcantara di bagian dalam sehingga memberikan kesan lebih premium. Hadir dalam pilihan layar 13,5 inci & 15 inci, perangkat ini juga melengkapi Surface Go yang tak kalah populer.

Baca juga: Inilah alasan Microsoft telah menghapus layanan Cortana di iPhone dan Android

Spesifikasi Microsoft Surface Laptop 4

Microsoft Surface Laptop 4

Meski terkesan konvensional, setidaknya Surface Laptop 4 memiliki bobot yang tergolong ringan, masing-masing hanya 1,27 kilogram & 1,54 kilogram saja, dengan ketebalan sekitar 14mm. Keduanya dibekali layar PixelSense dengan kerapatan piksel 201 ppi, dukungan input sentuh plus menggunakan rasio 3: 2.

Rasio layar yang lebih tinggi diklaim dapat memaksimalkan proses multitasking, cocok untuk pengguna yang sebagian besar adalah pelajar yang sedang melakukan metode pembelajaran jarak jauh. Pelabuhan-pelabuhan tersebut bisa dikatakan cukup lengkap, namun masing-masing hanya satu; USB-A 3.1, USB-C 3.2 Gen 1 dan jack combo audio. Sayangnya, port kedua belum mendukung Thunderbolt 3 atau 4.

Baca:  Harga & Spesifikasi Asus Zenfone 4 Series Bulan November 2020

Padahal, opsi chipset yang dihadirkan tergolong baru. Konsumen kini diberikan pilihan antara AMD Ryzen 4000 Series (4680U & 4980U) atau Intel Core generasi ke-11 (i5-1135G7 & i7-1185G7). Surface Laptop 4 dengan AMD menggunakan CPU Grafis Radeon dengan custom CPU khusus untuk laptop ini, sedangkan varian kedua menggunakan kartu grafis Intel Iris Xe.

Ada pilihan RAM LPDDR4x 8GB hingga 32GB dan penyimpanan SSD 256GB hingga 1TB. Untuk charger, tetap gunakan port Surface Connect. Kamera webnya masih 720p, dan masih mendukung Windows Hello. Dilengkapi dengan mikrofon ganda yang diklaim memiliki kualitas yang sama dengan mikrofon studio.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Microsoft mengklaim performanya meningkat 70% dengan chip AMD dan Intel terbaru. Sedangkan untuk daya tahan baterainya maksimal mencapai 19 jam untuk varian 13,5 inci (& 17 jam untuk ukuran 15 inci). Speaker tetap berada di belakang keyboard, dan diklaim menghasilkan bass dan treble yang lebih bertenaga.

Harga Laptop Microsoft Surface 4

Microsoft Surface Laptop 4

Hadir dalam dua pilihan CPU, Surface Laptop 4 varian 13,5 inci dengan AMD Ryzen menjadi yang paling murah, mulai dari USD999 (Rp14 jutaan). Sedangkan varian dengan Intel Core generasi ke-11 terbilang cukup jauh yakni USD 1.299 (Rp 18 jutaan). Uniknya, varian AMD justru memiliki efisiensi daya yang lebih baik.

Sedangkan untuk varian 15 inci, varian termurah dengan AMD Ryzen 7 4980U dan memori 8 / 256GB dibandrol dengan harga yang sama dengan harga Intel 13,5 inci. Dan untuk versi core i7-1185G7 dengan memori 16 / 512GB dijual dengan harga USD1.799 (Rp 26 jutaan).