vivo Y31 (2021) Diluncurkan, Smartphone Memori Lega Harga Rp3 Jutaan

vivo Y31 (2021) Diluncurkan, Smartphone Memori Lega Harga Rp3 Jutaan
Vivo Y31

SDirasa masih belum banyak rilis smartphone entry-to-middle class, pabrikan smartphone asal China, Vivo kembali menghadirkan pilihan baru bagi konsumen. Kali ini menggunakan nama yang sama persis dengan perangkat rilis 2015 mereka, yaitu Vivo Y31.

Ya, sekitar enam tahun lalu, Vivo Y31 hadir dengan layar yang tergolong kecil saat ini. Cuma 4,7 inci, punya satu kamera 8MP, RAM 1GB, dan baterai berkapasitas 2.100 mAh. Kini spesifikasi tersebut hanya bisa ditemukan di beberapa smartphone dengan harga kurang dari Rp1 jutaan. Sedangkan Vivo Y31 (2021) hadir dengan desain yang mirip dengan seri X50 Pro.

Setidaknya itu terlihat pada desain bodi belakang yang memiliki tonjolan serupa kamera, dengan opsi gradasi warna. Keduanya terlihat bersih, sensor sidik jari dibenamkan di sisi kanan bodi, bersama dengan tombol power. Sayangnya jika dilihat dari depan, kesan modern sedikit turun berkat penggunaan takik tetesan air.

Baca juga: Vivo X60 Pro +, Unggulan dengan Lensa ZEISS & Kamera Gimbal

Spesifikasi Vivo Y31 (2021)

Vivo Y31 2021

Memang belakangan ini menjadi pembeda antara smartphone entry, mid-range dan flagship, meski beberapa seri terjangkau sudah mulai mengadopsi desain punch hole. Setidaknya spesifikasi layarnya cukup untuk dibanggakan. Ini memiliki panel IPS 6,58 inci dan resolusi full HD +. Resolusi kamera depannya juga cukup tinggi yaitu 16MP.

Sedangkan di bagian belakang terdapat tiga sensor kamera dengan flash di bagian paling bawah. Meski secara modul terlihat besar, tentunya sensor utama Vivo Y31 tidak dibekali gimbal stabilization. Sensor tersebut memiliki resolusi 48MP dengan dukungan 4-in-1 pixel-binning. Sedangkan dua sensor lainnya digunakan untuk menghasilkan efek potret dan objek dekat.

Masing-masing memiliki resolusi 2MP, dan sensor makro dapat mengambil foto dengan jarak terdekat 4cm. Meski tanpa OIS, Vivo menghadirkan fitur Ultra Stable Video yang memanfaatkan EIS untuk mengurangi getaran tangan saat merekam video. Selain itu, fitur Super Night Mode juga hadir dengan algoritma pengurangan noise multi-frame.

Baca:  Facebook Rilis Fitur Keranjang Belanja di WhatsApp Business

Dan bukan merupakan smartphone Vivo, tentunya jika tidak dibekali dengan kapasitas memori dan pelepas baterai. Menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 662, kapasitas RAM 6GB dengan penyimpanan internal 128GB. Anda tetap dapat menambahkan kartu microSD hingga kapasitas 1TB. Memori yang besar juga diimbangi dengan baterai yang besar.

Dengan kapasitas 5.000 mAh, Vivo Y31 (2021) mendukung pengisian daya 18 watt melalui port USB-C di bodi bawah. Jalankan FunTouch OS 11, Android versi base yang digunakan juga terbaru alias Android 11. Lengkap dengan emoji baru dan fitur pengelompokan notifikasi yang rapi.

Harga Vivo Y31 (2021)

Vivo Y31 2021

Sama seperti seri Y20G sebelumnya, Vivo Y31 pertama kali debut di India. Smartphone Vivo murah ini hadir dalam dua pilihan warna, yakni Racing Black dan Ocean Blue. Ini tersedia di toko ritel online seperti Amazon, Flipkart, Paytm dan lainnya.

Harga? INR16.490 atau sekitar Rp. 3,1 juta. Mungkin jika dibandingkan spesifikasinya saja akan terasa cukup mahal. Mengingat belum lama ini, Poco M3 juga baru saja dirilis. Menggunakan prosesor yang sama dengan opsi kapasitas memori 128GB, selisih harganya bisa mencapai Rp 1 jutaan.